14 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui


Manfaat kunyit bagi kesehatan sudah dikenal selama ribuan tahun. Rempah asli dari wilayah Asia Tenggara ini merupakan bumbu yang paling sering diteliti dan memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Kunyit biasa digunakan untuk memasak, sebagai resep kecantikan, dan sebagai suplemen bagi kesehatan. Kunyit baik untuk kesehatan karena kandungan antioksidan dan afinitasnya yang tinggi untuk menyeimbangkan tubuh.

Manfaat Kunyit bagi Kesehatan



kunyit, kunyit_putih, kunyit_asam, kunyit_bubuk, kunyit_hitam, kunyit_berkembang_biak_dengan_cara, kunyit_asem, kunyit_untuk_asam_lambung, kunyit_putih_manfaat, kunyit_asam_sidomuncul, kunyit_putih_untuk_kista, kunyit_mangga, kunyit_asam_sirih, kunyit_untuk_wajah, kunyit_adalah, kunyit_bubuk_desaku, kunyit_manfaat, kunyit_manfaatnya, kunyit_bahasa_inggris, kunyit_untuk_ibu_hamil, kunyit_dan_madu, kunyit_kuning, kunyit_merah, kunyit_untuk_jerawat, kunyit_asam_untuk_ibu_hamil, kunyit_mas, kunyit_madu, kunyit_hitam_asli, kunyit_buat_asam_lambung, kunyit_untuk_keputihan, kunyit_putih untuk maag, kunyit_asam_lambung, kunyit_campur_madu, kunyit_dan_temulawak, kunyit_putih_untuk_benjolan_payudara


Kunyit adalah rempah berwarna oren kekuningan yang berasal dari akar tanaman Curcuma longa. Kunyit telah digunakan selama berabad-abad untuk penyakit yang tak terhitung jumlahnya. Terbukti dari penelitian yang telah dilakukan.

Berikut beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan:

1. Kunyit membantu pencernaan
Kunyit merupakan ramuan penghangat yang merangsang sistem pencernaan untuk melepaskan cairan pencernaan, mengurangi gas dan kembung dan memiliki sifat astringen dan anti-inflamasi yang kuat. Sehingga kunyit sering digunakan untuk mengobati kolitis, divertikulitis, sindrom iritasi usus, dan usus bocor.


2. Mengobati bisul
Kunyit juga sering digunakan untuk mereka yang menderita bisul. 
Atribut astringennya mewarnai permukaan ulserasi yang membantu mengurangi perdarahan dan peradangan sekaligus mencegah infeksi.


3. Mengobati wasir
Banyak digunakan untuk wasir, baik secara internal maupun eksternal, dengan hasil yang sangat baik.


4. Kunyit juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kunyit untuk sistem kekebalan tubuh dan biasanya digunakan untuk masuk angin, flu, sakit tenggorokan, bronkitis, dan gangguan pencernaan. Memperkuat pembentukan sel-sel darah baru dan melawan penyakit kronis terutama kanker.
Kandungan antioksidan yang tinggi yang ditemukan dalam kunyit meningkatkan imunitas dan secara efektif dapat mengurangi dan mencegah flu.


5. Baik untuk kesehatan hati
Kunyit juga cocok untuk kesehatan hati. Kualitas antioksidannya membantu regenerasi hati dengan menghancurkan karsinogen berbahaya. 
Mengonsumsi kunyit secara teratur dipercaya dapat membantu mencegah sirosis hati serta penyakit hati degeneratif lainnya. Ini juga membantu hati memproses limbah metabolisme lebih efisien.


6. Baik untuk kesehatan Jantung
Mengonsumsi kunyit setiap hari mampu menormalkan kadar kolesterol. Untuk mencegah oksidasi, suatu proses yang dikenal dapat merusak pembuluh darah dan membuatnya lebih rentan terhadap penyumbatan.

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa kunyit sebenarnya dapat meningkatkan sirkulasi darah sekaligus mengurangi tekanan darah tinggi dan pembekuan darah. 



7. Kekuatan dan Fleksibilitas Muskuloskeletal
Kunyit adalah ramuan luar biasa untuk sistem muskuloskeletal, terutama bagi mereka yang menderita artritis kronis dan kondisi persendian lainnya.

Sifat anti-inflamasinya yang kuat dapat mengurangi rasa sakit dan mengembalikan fungsi sendi dengan meningkatkan sirkulasi ke area tersebut. 
Untuk cedera olahraga dan nyeri pada jaringan lunak lainnya, kunyit dapat digunakan sebagai pereda nyeri dan penyembuhan bisa lebih cepat. Menggunakan kunyit secara internal juga merupakan obat yang efektif untuk sakit sendi dan keseleo.


8. Baik untuk sistem saraf
Pada dasarnya, Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF) adalah jenis hormon pertumbuhan di otak yang terkait dengan memori. Banyak gangguan otak yang umum telah dikaitkan dengan penurunan kadar BDNF termasuk depresi dan Alzheimer.

Kurkumin yang terkandung dalam kunyit dapat meningkatkan produksi BDNF, yang merangsang pertumbuhan neuron baru dan melawan penyakit otak degeneratif. Tidak heran India memiliki tingkat Alzheimer terendah.


9. Membuat kulit sehat dan glowing
Kunyit dipercaya dapat membuat kulit glowing dan sehat. Penggunaannya baik secara internal maupun eksternal telah terbukti mengurangi jerawat, eksim, dan menyembuhkan luka yang lebih cepat.


10. Mempercepat penyembuhan luka
Mengaplikasikan bubuk kunyit pada luka dapat menghentikan pendarahan.


11. Menghilangkan jamur
Kunyit juga baik untuk penyakit jamur seperti kurap. Yang perlu kamu lakukan adalah mencampur kunyit dengan sedikit air atau gel lidah buaya untuk membentuk pasta dan oleskan ke daerah yang terkena jamur.


12. Untuk gusi dan gigi
Kamu juga bisa menggunakan bubuk kunyit pada gusi yang terinfeksi atau gigi yang sakit. Bahkan menyikat gigi dengan kunyit justru dapat memutihkan gigi.



13. Baik untuk penderita diabetes 
Kunyit adalah ramuan yang kuat dalam melawan peradangan, sehingga cocok untuk penderita diabetes. Kunyit mampu menurunkan gula darah dan meningkatkan metabolisme glukosa.


14. Meredakan menstruasi
Bagi mereka yang menderita PMS, kunyit adalah ramuan yang bagus untuk digunakan untuk mengurangi pembekuan darah dan menghilangkan rasa sakit yang terkait dengan menstruasi. Sifat antispasmodik kunyit juga menenangkan otot-otot halus dan kram yang menyakitkan.


Hindari mengonsumsi kunyit jika kamu termasuk dalam kategori di bawah ini:

• Saat kamu sedang mengonsumsi obat pengencer darah atau penghambat trombosit
• Memiliki kelainan bekuan darah
• Menderita hepatitis akut
• Memiliki penyakit kuning
• Mengalami obstruksi saluran empedu
• Memiliki hyperacidity
• Memiliki batu empedu
• Sedang hamil atau menyusui

Beberapa cara untuk menikmati kunyit antara lain:

• Dimasak
• Diaduk dalam air atau susu hangat
• Dicampur dengan madu murni

Belum ada Komentar untuk "14 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel