MENGENAL BUDIDAYA TANAMAN SAYURAN HIDROPONIK DAN 6 JENIS SAYURAN UNGGULAN HIDROPONIK PRAKTIS DIRUMAH DENGAN NILAI JUAL TINGGI


Apa yang dimaksud dengan tanaman HIDROPONIK ?

Hidroponik yang berasal dari kata Hydro yang artinya air dan Ponos yang artinya daya/kerja. Jadi Hidroponik adalah tanaman yang ditanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamannya, tetapi menggunakan air dengan memperhatikan nutrisi untuk tanamannya. Tanaman hidroponik ini dapat tumbuh dengan baik dengan tergantung pada cuaca dan juga suhu udaranya. Tanaman hidroponik tidak boleh terkena cahaya matahari secara langsung karena dapat mengakibatkan tanaman menjadi layu atau rusak. Dan juga tidak boleh terkena air hujan secara langsung karna air hujan yang masuk kedalam media tanaman dapat merusak jumlah takaran nutrisi yang sudah dicampurkan kedalam air tersebut.

Tanaman yang sering ditanam secara hidroponik ini biasanya sayur-sayuran, buah-buahan dan ada juga tanaman hias.

Kelebihan penanaman secara hidroponik :
  • Alternatif bagi anda yang senang bercocok tanam tetapi tidak memiliki lahan yang luas.
  • lebih irit air karena tanaman hidroponik ini tidak harus disiram setiap hari.
  • Produksi tanamannya lebih tinggi sehingga dapat memudahkan panen dengan cepat.
  • bebas dari hama dan penyakit dari dalam tanah.
  • Lebih hemat dalam penggunaan pupuk karna dapat diatur sesuai kebutuhan.
  • Tanaman hidroponik banyak dijadikan sebagai obat herbal karna akar yang sudah bersih dan mudah diolah.
  • Tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak dan dapat masuk ke semua golongan baik tua maupun muda.
Disamping kelebihannya, tanaman hidroponik ini juga ada kekurangannya, seperti  :
  • Butuh biaya yang besar apabila ingin menanam dalam jumlah yang besar.
  • Membutuhkan ketelitian serta pengetahuan dalam mencampurkan nutrisi dan harus benar-benar diawasi dengan cermat.

Beberapa macam tanaman hidroponik yang sering dibudidayakan  :
  1. Selada 
Gambar oleh 家志 刘 dari Pixabay

Selada merupakan tanaman hidroponik yang cukup banyak dikonsumsi untuk masyarakat Indonesia. Biasanya selada ini dijadikan lalapan sebagai pelengkap makan. Perawatan maupun pemeliharaan selada hidroponik ini memang tidak terlalu rumit, namun bukan berarti bisa diabaikan juga. Umur panen selada ini hanya membutuhkan waktu 58 hari sejak benih disemai.

      2. Kangkung


Gambar oleh 41330 dari Pixabay

Tanaman kangkung juga cukup banyak diminati oelh masyarakat Indonesia. Penanamannya secara hidroponik tergolong cukup mudah dan mampu menghasilkan kualitas yang tinggi. 

      3. Bayam

Tanaman bayam atau yang serng dikenal secara ilmiah Amaranthus Tricolor L ini berasal dari daerah Amerika. Kandungan didalam bayam ini sangat tinggi yaitu terdiri dari  kalsium, protein dan zat besi yang sangat bermanfaat untuk pencernaan dan mengatasi anemia.


      4. Cabai

Photo by Iwona Banasik on Unsplash


Kebutuhan cabai di Indonesia sangat tinggi, karena cabai sering digunakan sebagai bahan untuk memsak khususnya membuat sambal. Tanaman cabai ini ditanam tidak hanya untuk dijual tetapi juga dapat dikonsumsi sendiri mengingat harga cabai yang cukup tinggi dipasar.

Sayuran sawi ini sering kita jumpai dengan bermacam-macam jenisnya. Mungkin sering kita dengar dengan sebutan sawi minyak, sawi hijau, sawi putih, sawi pahit, atau sebutan sawi lainnya. Namun teknik penanaman secara hidroponik ini juga sama dengan cara menanam sayuran hidroponik lainnya, yang terpenting adalah tetap harus berhati-hati dalam memperhitungkan nutrisi yang akan diberikan ditanaman tersebut dan itu pun berlaku untuk semua tanaman hidroponik lainnya. 

     6. Seledri

Gambar oleh 家志 刘 dari Pixabay

Seledri merupakan tanaman herbal yang sangat berkhasiat untuk tubuh dan juga sering banyak digunakan sebagai campuran untuk memasak. Tanaman seledri  ini juga sangat bermanfaat dan baik untuk kesehatan yaitu baik bagi penderita darah tinggi. Tanaman seledri ini sangat cocok ditanam di media air. Berarti tanaman seledri ini sangat cocok untuk dibudidayakan sebagai tanaman hidroponik.


Jika anda tertarik anda dapat mencobanya sekarang karena bahan yang  udah didapat dan proses penanamannya juga sangat mudah. Hidroponik juga dapat dijadikan sebagai usaha karena hidroponik ini juga dapat menjadi usaha yang menjanjikan. 





Belum ada Komentar untuk "MENGENAL BUDIDAYA TANAMAN SAYURAN HIDROPONIK DAN 6 JENIS SAYURAN UNGGULAN HIDROPONIK PRAKTIS DIRUMAH DENGAN NILAI JUAL TINGGI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel