Mau Tau bagaimana cara merangsang ASI agar cepat keluar ...?? dan Baca 7 makananan yang dapat melancar ASI yang paling ampuh

Pasca melahirkan, para ibu direkomendasikan untuk memberikan ASI eksklusif pada bayinya. Pemberian ASI Eksklusif sebaik-baiknya sampai usia bayi 6 bulan. Setelah itu baru bayi diberikan makanan pendamping ASI.

Tidak semua ibu yang baru melahirkan akan langsung mengeluarkan ASI. Bahkan ada yang baru keluar sampai 3 hari setelah melahirkan. Disinilah kebanyakan para ibu baru yang sedikit stres karena ASI tidak keluar.


Photo by Jordan Whitt on Unsplash

Mom... Mau tau cara merangsang ASI agar cepat keluar ....???
Beberapa cara dibawah ini dapat dilakukan agar untuk merangsang agar ASI cepat keluar. Apa saja ..?? Mari kita simak ....

1. PIJAT AREA PAYUDARA

Biasanya sebelum melahirkan sebagian para ibu melakukan pijat payudara. Karena dengan Pijat payudara ini dapat membantu melenturkan kelenjar susu yang mungkin tersumbat. Jangan pernah membersihkan area puting ya mom. Karena bagian puting payudara dapat memancing sehingga dapat terjadi kontraksi dini atau kontraksi palsu. Dan itu sangat membahayakan bagi ibu yang usia kandungannya belum sesuai waktunya. 

2. Melakukan INISIASI MEYUSUI DINI (IMD)

Menjelang melahirkan para ibu biasanya akan rutin memeriksakan kandungannya kepada Bidan/Dokter yang nantinya akan membantu proses persalinannya. Disinilah usahakan untuk berkoordinasi dengan Bidan/Dokter tersebut dan minta untuk melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Sebagian besar Bidan/Dokter pasti akan melakukan itu kok mom. Tapi untuk berjaga-jaga karena ada Bidan/Dokter yang mungkin terlupa untuk melakukan IMD. Proses IMD ini bertujuan untuk meningkatkan ikatan batin ibu dan anak karena terjadinya kontak fisik secara langsung. Dan disinilah bayi diajarkan untuk mencari puting ibunya  dan akan merangsang ASI agar cepat keluar.

3. KONSUMSI OBAT HERBAL

Sekarang banyak kita temui obat-obat herbal di apotek yang dikonsumsi para ibu untuk melancarkan ASI nya. Untuk awal guna memancing ASI agar cep.t keluar ibu boleh mengkonsumsi obat herbal tersebut. Sebenarnya dengan mengkonsumsi sayur juga membantu kok mom. Tapi apalah daya banyak ibu-ibu yang tidak sabar karena prosesnya tidak se instans mengkonsumsi obat herbal.

4. POMPA ASI DENGAN TANGAN

Hari pertama setelah melahirkan banyak yang stres karena ASI tidak keluar. Cobalah Memompa ASI dengan tangan selama 10 menit setiap 2-3 jam. Proses ini dilakukan untuk memaksimalkan produksi dan meminimalkan ASI yang terlambat keluar karena tersumbat.



Selain cara-cara diatas, mom juga harus mengkonsumsi makanan pelancar ASI. Berikut beberapa makanan yang dipercaya dapat melancar ASI yang paling ampuh   :

1. Daun Katuk
    Daun katuk dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI lebih tinggi karena daun katuk ini mengandung Laktagogum. Selain itu daun katuk juga mengandung Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin A, B, C serta zat besi sebagai antioksidan tambahan.

2. Sayur Bayam
    Sayur bayam merupakan sayur yang kaya akan zat besi. Sayur bayam ini selain mudah didapat harganya juga terbilang sangat murah, dan memasaknya pun juga sangat mudah. Cukup dengan dimasak tumis bening sudah dapat meningkatkan selera makan bagi ibu yang baru melairkan. Konsumsi bayam sangat dianjurkan karena mengandung phytoestrogen  yang dapat meningkatkan produksi ASI.

3. Daun Kelor
    Daun kelor ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain dapat melancarkan produksi ASI daun kelor ini juga dipercaya efektif menstabilkan tekanan darah, serta mengatasi anemina. 


4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan dapat membantu melancarkan ASI karena kacang kaya akan lemak dan mengandung antioksidan yang baik. Namun untuk hasil yang baik sebaiknya pilihlah kacang yang rendah akan garam. Anda dapat memilih kacang hijau juga dapat meningkatkan energi bagi ibu yang sedang menyusui.


5. Asparagus
    Sayuran yang mengandung kaya akan serat, vitamin A dan K ini juga wajib dikunsumsi bagi ibu menyusui karena sayuran ini juga merupakan makanan yang dioercaya dapat melancarkan ASI. Biasanya sayur asparagus ini sering disajikan dalam bentuk sup, atau bahkan ada yang mengolahnya dengan cara hanya merebusnya seperti itu saja. 


6. Wortel
     Sayuran berwarna oren ini biasanya dikenal sebagai sayuran yang baik untuk kesehatan mata karena sayur wortel ini kaya akan Vitamin A yang tak hanya baik untuk mata namun juga dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. 


7. Buah Pepaya
    Buah pepaya mengandung Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C dan Vitamin E. Selain dapat melancarkan pencernaan, buah pepaya muda yang biasanya dimasak menjadi sup bahkan ada juga yang dijadikan sebagai lalapan atau salad. Pepaya muda ini dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI.


Mom.... itulah beberapa makanan yang dipercaya dapat membantu melancarkan ASI. Hal terpenting bagi ibu menyusui adalah JANGAN STRES. Karena apabila ibu mengalami stres atau depresi pada saat menyusui, itu akan menghambat keluarnya ASI yang maksimal. Perbanyak konsumsi air putih ya mom jangan sampai kekurangan cairan.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi ibu menyusui ...
Salam sayang untuk buah hatinya ya mom ......... 😘😘😘

Belum ada Komentar untuk "Mau Tau bagaimana cara merangsang ASI agar cepat keluar ...?? dan Baca 7 makananan yang dapat melancar ASI yang paling ampuh "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel