Sariawan Yang Menyiksa ... Penyebab serta obat alami untuk mengatasinya ...

Apa itu  SARIAWAN ...???

Sariawan adalah luka kecil yang biasanya muncul pada jaringan dalam mulut seperti di gusi, lidah, bibir, dan sisi pipi dalam mulut. Sariawan biasa nya dapat menyebar didalam rongga mulut.

Walaupun sariawan merupakan luka yang kecil tetapi sariawan ini dapat membuat seseorang sulit untuk makan karena rasa nya yang cukup sakit.

Setiap orang pasti pernah merasakan sariawan. Dan pada dasarnya sariawan ini tidak memandang usia. Karena sariawan ini bisa saja terjadi tidak hanya dikalangan dewasa tetapi anak-anak pun juga pernah merasakannya.


__________ Penyebab Sariawan __________


Beberapa faktor penyebab munculnya sariawan, sebagai berikut   :

  1. Kekurangan Vitamin C dan Zat Besi
  2. Karena luka tergigit
  3. Kurang menjaga kebersihan mulut
  4. Tubuh yang tidak fit
  5. Faktor makanan (terlalu pedas, panas, atau asam)
  6. Iritasi
  7. Pengaruh dari gesekan kawat gigi (bagi pemula yang menggunakan kawat gigi)


Bisakah kita mencegah timbulnya sariawan ....??

Sariawan bisa dicegah dengan beberapa cara dibawah ini   :
  1. Yang paling utama adalah kesehatan mulut harus tetap kita jaga. Jangan malas untuk menyikat gigi.
  2. Mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C.
  3. Pilihlah makanan yang sehat dan tidak terlalu keras. Konsumsi sayur-sayuran sangat dianjurkan
  4. Hindari Stres. Karena perubahan hormon didalam tubuh juga mempengaruhi.

Lalu  Sariawan obatnya apa ...??

Sariawan tidak hanya muncul didaerah gusi atau dinding pipi didalam rongga mulut, tetapi ada juga yang dilidah atau sariawan dibawah lidah.



Sariawan di Lidah


Sariawan yang biasanya sangat menyiksa adalah sariawan dilidah. Karena jika seseorang terkena sariawan dilidah, maka akan menyulitkan seseorang untuk mengunyah makanan. Apalagi sariawan dibawah lidah.


Ada beberapa cara pengobatan bagi penderita sariawan dilidah  :

  • Kumur dengan air garam minimal 3 kali sehari.
  • Perbanyak minum air putih
  • Menjaga kebersihan mulut dengan cara menggosok gigi 2 kali sehari 
  • Hindari dari penggunaan obat kumur
  • Hindari makanan yang pedas, berlemak, dan makanan dengan tekstur yang keras
  • Kompres dengan es batu



Sariawan Lidah Putih

Semua orang biasanya memiliki warna lidah merah muda. Namun jika warna lidah seseorang berubah menjadi putih itu berarti orang tersebut sedang mengalami masalah pada mulut seperti jamur atau sariawan pada lidah. Penyebabnya karena kurangnya dalam menjaga kebersihan mulut sehingga munculnya bakteri didalam mulut yang menyebabkan warna lidah berubah menjadi warna putih.

Beberapa obat alami yang dpat dilakukan untuk pengobatan sariawan lidah putih  :
  • Anda dapat menggunakan minyak kelapa sebagai bahan yang dipakai untuk menyikat lidah anda. Letakkan minyak kelapa di sikat gigi anda, kemudian sikat lidah anda dua kali sehari.
  • Lidah Buaya. Lidah buaya dikenal memiliki sifat anti bakteri. Gunakan dua sendok makan lidah buaya kemudian dicampurkan dengan segelas air. Gunakan untuk berkumur. Lakukan dua kali sehari.
  • Baking Soda dan Lemon. Campurkan Baking soda dan lemon hingga membentuk pasta. Kemudian gunakan sikat gigi untuk menyikat lidah anda. Sikat lebih kurang 1 menit sebanyak dua kali sehari secara lembut.
  • Konsumsi satu siung bawan putih perhari untuk megobati lidah putih yang dikarenakan sariawan atau bakteri pada mulut.



Sariawan Pada Bibir 

Sariawan dibibir ini banyak penyebabnya. Bisa karena bibir tergigit, mengunyah makanan yang keras, bahkan ada juga karena seseorang belum terbiasa menggunaan kawat gigi sehingga terjadi benturan antara bibir dengan kawat gigi, dan juga pengaruh pada perubahan hormon.

Sariawan dibibir tidaklah sesakit sariawan di lidah pada umumnya. Dan fase penyembuhannya juga tidak lebih dari seminggu.

Pencegahan dan juga pengobatan sariawan dibibir pada umumnya sama dengan pencegahan dan pengobatan pada sariawan dilidah. Namun penyembuhan sariawan dibibir ini tidaklah selama penyembuhan sariawan dilidah. 

Yang paling penting pada saat anda terkena sariawan adalah konsumsi air putih yang banyak dan maksimalkan untuk mengkonsumsi buah-buahan dan juga sayuran yang mengandung vitamin C. 





Namun Jika cara diatas tidak dapat menyembuhkan sariawan anda, maka segera periksakan ke dokter karena anda butuh tindak lanjut dari dokter. Jangan pernah menganggap remeh pada sariawan karena beralasan hanya luka kecil biasa.Karena Dokter dapat memberikan perawatan yang seharusnya anda dapatkan.


Belum ada Komentar untuk "Sariawan Yang Menyiksa ... Penyebab serta obat alami untuk mengatasinya ..."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel