Taukah Kamu Manfaat Tanaman Sirih Merah.....??? Simak 8 Manfaat dan Khasiat Sirih Merah Untuk Kesehatan

Apakah kamu mengenal daun sirih merah atau mungkin pernah melihatnya ....???

Disini penulis akan bercerita sedikit tentang daun sirih merah.
Pada umumnya orang mengenal tanaman sirih berdaun hijau yang secara tradisional dan turun temurun dimanfaatkan sebagai pelengkap upacara adat. Tanaman sirih berdaun hijau ini juga banyak digunakan dan dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit, seperti sarawan dan sakit gigi. Air rebusannya mengandung antiseptik berkhasiat sebagai obat kumur dan juga dapat digunakan muntuk mencuci bagian intim kaum hawa dan juga mampu sebagai obat keputihan.

Sekarang mari kita bahas tentang sirih merah ...
"Apa itu sirih merah ...??"


Gambar oleh Maya A.P dari Pixabay 

Tanaman sirih merah pada umumnya memiliki bentuk yang sama dengan tanaman sirih yang berdauh hijau, tumbuhnya juga menjalar sama halnya dengan tanaman sirih berdaun hijau. Batangnya bula berwarna hijau keunguan dan tidak berbunga. Daunnya bertangkai membentuk jantuk dengan bagian atas meruncing, bertepi rata dan permukaannya mengilap atau tidak berbulu. Bagian atas daun berwarna hijau bercorak warna putih keabu-abuan sedangkan bagian bawah dau  berwarna merah hati cerah. Daun sirih merah ini berlendir, dan rasanya sangat pahit. Sirih merah biasanya dapat tumbuh dengan baik ditempat yang teduh dan tidak terlalu banyak terkena sinar matahari.

Tanaman sirih merah tergolong langka karena tidak tumbuh disetiap tempat atau daerah. Tanaman sirih merah ini bisa dijadikan sebagai tanaman obat karena daunnya memiliki khasiat dan dapat mengurangi berbagai macam penyakit. 

Tahukah kamu kalau tanaman sirih merah ini sangat banyak manfaatnya ....??



8 Manfaat daun sirih merah 

1. Sebagai bahan baku utama produk kecantikan

Daun sirih merah ternyata bisa berperan sebagai bahan baku utama beberapa produk kecantikan terutaman bagi calon pengantin perempuan. Biasanya sirih merah dapat dipadukan dengan bahan alami lainnya seperti minyak zaitun, wortel, avocad, susu murni, madu, mentimun, jeruk nipis, dan buah-buahan, serta sayuran organik.

2. Dapat menghilangkan bau badan 

Tiga lembar daun sirih merah direbus dengan dua gelas air, didihkan sampai air surut dan dapat diambil ukuran 1 gelas, kemudian disaring lalu diminum dalam keadaan dingin maksimal 1 kali sehari. 

3. Menurunkan kadar gula 

Rebus daun sirih merah dengan air, saring dan minum air nya dalam keadaan dingin. Atau anda juga bisa dengan cara mengeringkan daun sirih merah kemudian ditumbuk dan diambil bubuknya. Ramuan ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.  

4. Mengatasi Bau mulut yang berlebihan

Hal yang sama yang harus anda lakukan adalah dengan merebus daun sirih dengan air, kemudian anda dapat berkumur dengan air rebusan daun sirih merah ini pada pagi dan sore hari. Senyawa Eugenol akan membantu anda dalam mengatasi bau mulut.

5. Dapat menyembuhkan luka ringan

Daun sirih merah dapat membantu percepatan penyembuhan luka. Ambil beberapa helai daun sirih merah, dicuci lalu ditumbuk. Usapkan pada bagian luka lalu dibalut dengan perban. 

6. Melancarkan buang air kecil

Daun sirih merah di jus kemudian dicampurkan dengan susu dan madu. Konsumsi sebanyak seminggu sekali maka buang air kecil akan lancar.

7. Obat Keputihan

Ambil 7-8 lembar daun sirih merah, dicuci lalu diiris-iris kemudian rebus dengan air sampai mendidih. Bunakan setelah dingin lalu cuci organ kewanitaan sebanyak 2 kali sehari.

8. Membantu menghilangkan jerawat

10 lembar daun sirih merah digiling (tidak perlu sampai halus), lalu diseduh dengan air panas. Diamkan sampai dingin baru bisa digunakan. Oleskan tipis pada wajah berjerawat dan lakukan dua kali sehari.

Belum ada Komentar untuk "Taukah Kamu Manfaat Tanaman Sirih Merah.....??? Simak 8 Manfaat dan Khasiat Sirih Merah Untuk Kesehatan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel