Sakit Leher dan Punggung, penyebab serta cara mengatasinya


Sakit Leher

Leher dan punggung seseorang terdiri dari tulang-tulang kecil yang yang disebut Vertebra. Tumpukan tulang-tulang kecil yang ditumpuk antar satu sama lain berfungsi untuk membentuk tulang belakang. Tulang belakang sendiri berfungsi untuk menopang kepala dan merupakan struktur utama yang menghubungkan jaringan saraf keseleruh tubuh manusia. 


Pernahkan anda merasakan sakit Leher ....???





Sakit leher bukan permasalahan yang besar, karena sakit pada leher ini akan membaik dalam waktu beberapa hari. 
Penyebab sakit leher ini biasanya dikarenakan postur tubuh yang tidak baik. Seperti posisi yang salah ketika tidur, duduk yang tidak benar sehingga membungkuk, bekerja di depan komputer atau menggunakan smartphone yang lebih banyak pada posisi menunduk.

Penyebab sakit leher lainnya adalah karena otot kaku karena terlalu lama beraktifitas, kerusakan sendi karena faktor usia, dan juga cedera karena terjatuh atau kecelakaan dalam berkendara.


Gejala yang akan dialami ketika sakit leher   :

  • Kepala akan terasa berat untuk bergerak kekiri maupun kekanan
  • Otot yang terasa sangat kaku dan tegang
  • Sering kesemutan didaerah bahu hingga ke tangan.

Kasus sakit leher ini sebenarnya akan membaik dalam dekat bahkan tanpa harus mengunjungi dokter. namun sudahkah anda megetahui bagaimana cara untuk mengatasi sakit leher ini....???

Beberapa cara untuk mengatasi sakit leher  :
  1. Ubah postur tubuh yang buruk. Seperti mengurangi duduk yang terlalu membungkuk.
  2. Posisi tidur. Cobalah untuk tidur dengan posisi miring, jangan biasakan tidur dalam keadaan tengkurap karena ini justru tidak akan memperbaiki postur tubuh anda disaat tidur.
  3. Kompres leher anda dengan handuk hangat untuk menghilangkan rasa sakit dan juga meredakan otot yang kaku.
  4. Tidur lah dengan bantal yang empuk dan usahakan posisi kepala anda sama rata dengan posisi tubuh anda.
  5. Pijat-pijat kecil dengan meneggunakan balsem atau minyak angin yang hangat untuk meredakan ketegangan otot.
  6. Istirahat yang teratur tetapi jangan istirahat terlalu lama. Karena kelamaan istirahat akan membuat otot leher anda kaku dalam wangktu yang lebih lama.
  7. Jika sudah sembuh, hindarilah untuk menggunakan tas dengan tali yang membebankan sepenuhnya di bahu anda.


Jika anda merasakan sakit leher karena mengalamai cedera seperti jatuh atau kecelakaan sehingga menyebabkan leher anda cedera parah, jangan dibiarkan. Segera bertemu dengan dokter agar dapat ditindaklanjuti dengan segera. Karena jika anda biarkan terlalu lama makan akan menyebar ke area lengan, tangan dan bisa juga lari kekepala yang akan membuat kepala anda sakit dan anda akan mengalami mati rasa.


Sakit Punggung

Leher dan punggung sangat erat hubungannya, karena ketika seseorang merasakan sakit leher bisa menjalar ke punggungnya. Karena Leher dan punggung tadi terdiri dari tulang-tulang kecil yang yang disebut Vertebra yang ditumpuk satu sama lain berfungsi membentuk tulang belakang.

Biasanya sakit punggung ini berhubungan dengan masalah tulang belakang seperti osteoporosis. Penyebab lain sakit punggung ini bisa karena postur tubuh yang buruk, dan juga ketegangan otot-otot tulang belakang.
Ada juga penyebab lain sehingga seseorang mengalami sakit punggung. Seperti mengangkat benda-benda berat dengan posisi yang tidak benar, dan juga orang yang mengalami masalah batu ginjal juga bisa menyebabkan seseorang sakit punggung.

Gejala utama sakit punggung adalah rasa nyeri atau sakit dibagian belakang dan terkadang sampai ke bagian kaki.


Bagaimana cara mencegah agar terhindar dari sakit punggung ...??

  1. Olahraga secara teratur. Olahraga ringan ini dapat membantu mengurangi otot-otot yang tegang
  2. Kurangi berat badan anda, karena kelebihan berat badan juga mempengaruhi kelebihan berat di otot punggung. Mengurangi berat badan bisa mencegah sakit punggung.
  3. Berhentilah merokok. Merokok juga mempengaruhi anda mudah sakit punggung.
  4. Hindari gerakan yang dapat meregangkan punggung anda.
  5. Ubah postur tubuh anda yang tidak baik. dengan merubah posisi duduk anda ketika anda bekerja, dan juga posisi tidur anda. Jangan biasakan tidur secara telungkup.
Langkah-langkah diatas adalah langkah sederhana yang dapat anda lakukan sendiri. Namun jika rasa sakit dalam jangka panjang dan tidak kunjung sembuh maka segera jadwalkan diri anda untuk bertemu dengan doktor agar dapat diberikan perawatan medis lebih lanjut.








Belum ada Komentar untuk "Sakit Leher dan Punggung, penyebab serta cara mengatasinya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel