Bingung Dengan Makanan Pendamping ASI ....?? 5 MACAM BUAH YANG DISARANKAN SEBAGAI MAKANAN PENDAMPING ASI DAN AKAN MEMBANTU PARA IBU YANG BARU PERTAMA KALI MEMBERIKAN MP ASI

Hai Mom ……
Si baby sudah berusia 6 bulan yaa….??
Pasti para ibu lagi pada bingung mencari makanan pendamping ASI yang baik untuk buah hatinya.
Pasti si ibu sudah tidak sabar neh ingin memberikan makanan pendamping ASI pada bayinya terutama bagi ibu pekerja yang merasa ASI nya kurang terpenuhi karna aktifitasnya.  Bahkan ada neh ibu-ibu yang sudah memberikan makanan pendamping ASI pada bayinya diusia 4 bulan.
Bener Gak Mom …???

Mom…. untuk sama-sama kita ketahui, menurut para dokter seorang ibu wajib menyusui bayinya secara ekslusif sampai usia 6 bulan dan tidak boleh dikasi makanan pendamping ASI lebih cepat sampai usia bayinya 6 bulan.
Kenapa ….??
Karena pencernaan bayi masih dalam tahap penyempurnaan lho mom …

Nah sekarang bagi para ibu yang bayinya sudah 6 bulan tapi masih bingung makan pendamping ASI apa yang baik untuk buah hatinya…
Disini penulis menyarankan untuk awal si baby yang mau memulai untuk makan agar dikasi makanan pendamping ASI nya adalah buah. Semua buah memilik manfaat yang sangat bagus untu bayi. Namun sebagai awal permulaan sebaiknya carilah buah yang teksturnya lembut dan mudah untuk dihaluskan.

5 Macam Buah yang disarankan sebagai Makanan Pendamping ASI :

1. PISANG


Photo by Charles 🇵🇭 on Unsplash

Pisang berada diurutan paling atas neh mom sebagai buah yang paling banyak dipilih oleh para ibu sebagai awal dari pemberian makanan pendamping ASI. 

Kenapa pisang ....??

Selain harganya yang sangat murah meriah disini pisang juga memiliki kandungan Vitamin A, Kalsium, Fospor, dan juga asam folat. Pisang ini sangat mudah diberikan karena teksturnya juga yang sangat lembut. Para ibu dapat mengeruk daging pisang hingga lembut  untuk penyajian pada bayi. Agar lebih lembut dan cair campurkan dengan ASI. Diutamakan carilah pisang yang rasanya manis dan sudah siap untuk dikonsumsi ya mom.


2. Pepaya 

Photo by Charles 🇵🇭 on Unsplash

Pepaya juga merupakan lokal dengan harga yang murah meriah dan juga sangat mudah didapat. Nuah pepaya ini juga sangat lunak sehingga mudah untuk dikonsumsi oleh bayi. Buah pepaya memiliki kandungan nutrisi seperti asam folat dan zat besi. Buah Pepaya ini juga sangat baik untuk pencernaan. Sebelum diberikan kepada bayi keruk lah dulu buah pepaya ini atau bisa juga disaring dengan penyaring makanan yang halus lalu  campurkan dengan ASI ya mom.



3. Buah Naga

Photo by Marissa Rodriguez on Unsplash




Buah naga adalah buah yang kulitnya berwarna merah muda tetapi dagingnya berwarna ungu. Buah ini sangat enak dan juga baik untuk dijadikan sebagai makanan pendamping ASI. Buah naga mengandung vitamin C dan Antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebelum diberikan kepada bayi, buah naga ini harus dikukus terlebih dahulu kemudian setelah lunak bisa disaring dan jangan lupa dicampurkan dengan ASI ya mom.


4. Alpukat

Photo by Thought Catalog on Unsplash


Alpukat juga merupakan buah yang memiliki tekstur sangat lembut sehingga mudah  untuk dilunakkan dan sangat baik dikonsumsi untuk bayi. Walaupun buah alpukat ini memiliki rasa yang sangat hambar, tetapi buah alpukat ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, Kalsium, Magnesium dan asam lemak Omega 3. Buah alpukat ini dikeruk terlebih dahulu dengan sendok lalu campurkan dengan ASI agar buah menjadi lebih lunak.


5. Mangga

Gambar oleh liwanchun dari Pixabay

Sebelum memberikan buah hati anda buah mangga, jangan lupa pastikan dulu ya kalau buah mangga yang mom berikan itu mangga yang manis. Sebagian mangga ada yang rasanya asam juga lho mom. Karena apabila bayi mengkonsumsi buah mangga yang asam atau kecut itu bisa mengakibatkan bayi terkena diare. Buah mangga ini banyak memiliki kandungan vitaminnya, antara lain Vitamin C, Kalium dan juga betakaroten. Betakaroten ini dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat vitamin A yang berfungsi menjaga kesehatan mata, kulit dan juga tulang pada tubuh. Buah mangga ini merupakan buah yang berserat, jadi sebelum memberikan pada bayi bisa disaring terlebih dahulu ya mom dan jangan lupa dicampurkan dengan ASI.



Mom.....5 buah diatas hanyalah sebagian kecil dari banyak nya buah yang ada. Semua buah memiliki kandungan vitamin yang sangat baik untuk sikecil ya mom. Tetapi sebagai permulaan mom bisa berikan 5 buah diatas sebagai referensi agar mom tidak bingung untuk memberikan makanan pendamping ASI tersebut. Karena sebagian besar para ibu khususnya yang baru pertama kali punya baby neh pasti pada bingung memilih makanan pendamping ASI yang baik untuk buah hatinya.

Semoga apa yang penulis sampaikan bisa menjadi referensi y mom agar mom bisa memilih buah yang baik untuk bayinya. Penulis berharap semoga ini bermanfaat bagi kita semua.

Salam sayang ya mom untuk buah hatinya ..... 😘😘😘




Belum ada Komentar untuk "Bingung Dengan Makanan Pendamping ASI ....?? 5 MACAM BUAH YANG DISARANKAN SEBAGAI MAKANAN PENDAMPING ASI DAN AKAN MEMBANTU PARA IBU YANG BARU PERTAMA KALI MEMBERIKAN MP ASI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel