Hari Raya Idul Adha atau Lebaran Kurban sudah didepan mata, TIPS Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas

Hari Raya Idul Adha sudah didepan mata. Banyak umat muslim yang berkurban dan setelah hewan kurban disembelih maka daging akan dibagikan. Tidak menutup kemungkinan seseorang akan mendapatkan daging kurban dan kemudian bingung untuk menyimpannya.

Ada sebagian orang yang mempermasalahkan untuk penyimpanan daging karena ada yang pernah merasakan daging yang disimpan didalam kulkas bisa membusuk dalam waktu 2-3 hari. 
Banyak juga yang masih belum mengetahui bagaimana cara menyimpan Daging sebelum akan dimasak.

TIPS menyimpan daging kurban di Kulkas


cara menyimpan daging kurban dikulkas, daging kurban tidak boleh dicuci



  • Jangan Cuci dagingnya
Masih Menjadi perdebatan sampai sekarang apakah daging harus dicuci terlebih dahulu atau tidak. Banyak yang bilang jika tidak dicuci maka bakteri akan menyebar kedalam daging. Banyak yang ketika medapatkan daging kurban kemudian langsung mencucinya. Mulai sekarang hentikan untuk mencuci daging terlebih dahulu. Karena daging yang dicuci dengan kran air mengalir bisa membuat bakteri pada air mengendap didalam daging. 
Jadi kapan daging boleh dicuci ....???
Daging boleh dicuci jika anda sudah merencanakan untuk memasak nya segera.

  • Potong Daging
Sebelum anda menyimpan daging, potonglah daging sesuai dengan hidangan yang akan anda masak atau anda bisa memotongnya sesuai dengan wadah penyimpanannya. 


  • Wadah penyimpanan daging
Wajib hukumnya untuk menyimpan daging didalam wadah yang tertutup rapat. Selain untuk menghindari terkontaminasinya dengan makanan lain fungsi wadah yang tertutup rapat ini juga menghindari daging terkena bakteri atau kuman dari makanan lain. 



  • Cara penyimpanan didalam kulkas.
Banyak yang tidak mengetahui cara menyimpan daging kurban didalam kulkas. Ada yang langsung meletakkan di freezer sehingga daging bisa langsung beku.
Metode seperti ini tidak berlaku benar. Karena yang sebaiknya anda lakukan adalah meletakkan daging terlebih dahulu di kulkas bagian bawah selama 4-5 jam. Setelah 5 jam baru pindahkan daging ke bagian frezzer.


  • Apakah daging boleh dibumbui sebelum disimpan ...??
Pertanyaan ini juga kerap menjadi perdebatan. Daging boleh dibumbui jika anda akan segera memasaknya. Biasanya tujuan seseorang membumbui daging tersebut dengan alasan agar bumbu dapat meresap secara rata didalam daging. Namun jika anda belum terpikir untuk mengolah daging menjadi  hidangan jangan dibumbui terlebih dahulu daging tersebut.


  • Mencairkan daging untuk siap diolah
Ketika anda sudah ada rencana untuk memasaknya, namun daging yang difrezzer sudah beku, maka anda harus memperhatikan metode ini. Jangan mencairkan daging beku dengan menggunakan air hangat bahkan air mendidih sekalipun yang disiram langsung kedaging tersebut.

Cara yang benar adalah masukkaan daging kedalam plastik kemudian biarkan daging tersebut dibawah kran air dalam suhu normal. Ketika daging sudah dirasa mencair, barulah daging dicuci, kemudian ditiriskan, da daging pun siap dimasak.

Bagi anda yang tidak memiliki kran air, anda bisa mencairkan daging yang beku dengan membiarkan daging tersebut lebih kurang 1-2 jam sebelum dimasak sampai daging mencair.



Semoga Bermanfaat ..... 😊😊😊

And Happy Eid Adha for all muslims in the world

1 Komentar untuk "Hari Raya Idul Adha atau Lebaran Kurban sudah didepan mata, TIPS Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas"

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel