Bahaya Smartphone pada anak... 6 Dampak buruk yang wajib orang tua kenali akibat mengenal kan gadget terlalu dini ....

Siapa yang tidak mengenal Smartphone ...???

Smartphone, Gadget is causing health for Kids ....

Photo by Gaelle Marcel on Unsplash


Dizaman sekarang dengan Teknologi yang sangat berkembang, Smartphone menjadi kebutuhan tak hanya bagi orang dewasa umumnya. Tetapi juga bagi anak-anak.
Bahkan sebagian besar orang tua ada yang menyodorkan Handphone kepada anaknya yang masih balita hanya untuk menenangkan disaat anaknya rewel.

Tahukah anda bahaya smartphone pada anak ...??

Para peneliti dari San Diego State University dan Unoversity of Georgia mengatakan Smartphone adalah penyebab yang sangat serius. Karena sebagian anak-anak menghabiskan waktu luang mereka dengan bermain gadget atau smartphone.

Tak menutup kemungkinan bagi orang tua yang mempunyai anak balita (bawah lima tahun) justru lebih mengerti dengan smartphone dibandingkan dengan orang tua mereka sendiri.

Banyak dampak buruk yang akan terjadi pada anak apabila terlalu dini mengenal gadget/ smartphone. Jadi semua orang tua harus mengetahui apa saja yang akan terjadi jika anak terlalu cepat mengenal gadget.

1. KECANDUAN GADGET


Anak-anak yang terlalu cepat mengenal gadget ini akan membuat mereka kecanduan dengan hal-hal yang berkaitan dengan teknologi. Dan tidak menutup kemungkinan akan sulit bagi orang tua utuk melepaskannya. Hal ini juga akan terjadi jika orang tuanya sendiri juga merupakan seseorang yang tidak bisa berjauhan dengan smartphone. Hal ini juga lah yang mendorong sang anak untuk ketergantungan dengan smartphone karena kurang nya perhatian dari orang tuanya.


2. MENGHAMBAT TUMBUH KEMBANG ANAK

Bahaya penggunaan Smartphone pada anak juga menghambat perkembangan otak anak. Khususya bagi anak yang berusia dibawah 5 tahun. Dimana diusia ini anak-anak sedang berada dimasa tumbuh kembangnya. Sehingga hal ini sangat mempengaruhi kemampuan prestasi akademik anak. 


3. PERUBAHAN PADA SIFAT ANAK

Banyak berita-berita yang viral di sosial media, seperti kekerasan, pertengkaran dan perkelahian yang terekam atau sengaja direkam, seksual, atau masih banyak lagi yang lainnya yang tersebar melalui internet dan secara tidak sengaja dilihat oleh anak. Hal ini mampu merubah sifat anak yang menjadi lebih agresif, dan tingkat emosionalnya pun tak mampu untuk ditahan lagi. Sebenarnya tidak hanya melalui smartphone, tetap dari Televisi pun anak-anak sudah dapat melihatnya. Namun dari smartphone terkadang yang tersebar tidaklah disensor, sehingga anak-anak dapat melihat lebih nyata. 


4. MENURUNNYA TINGKAT BELAJAR ANAK

Tidak menutup kemungkinan jika seorang anak yang telah mengenal gadget akan lebih senang dengan gadget nya dan akan kurang dalam belajarnya. Sehingga apa yang akan terjadi ...?? 
Sang anak akan sulit untuk memahami pelajaran kembali dan nilai disekolahnya akan menjadi turun bahkan lebih buruk. Hal ini banyak sekali kita temui pada saat sekarang. 


5. KERUSAKAN PADA MATA SEJAK DINI

Sering kita jumpai anak yang berusia dibawah 5 tahun sudah menggunakan kacamata. Hal ini tidak menutup kemungkinan karena orang tua yang membiarkan anaknya bermain gadget terlalu lama sehingga dapat merusak penglihatan anak yang terlalu dini. 


6. INSOMNIA (TIDAK BISA TIDUR)

Menurut penilitian hampir 50% anak mengalami insomnia akibat bergantung pada gadget. Hal ini membuat anak sulit tidur karena penggunaan teknologi yang diluar batas dan pengawasan. Akibat dari kurangnya tidur ini membuat anak kekurangan jam istirahatnya sehingga otaknya yang tidak berkembang dengan baik, dan hal ini berdampak pada nilai anak disekolah. Jam istirahat yang baik pada anak adalah dari jam 9 malam - jam 6 Pagi atau sekitar 8-9 jam. 


⟹⟹⟹

Jadi memberikan gadget pada anak sebaiknya jangan dilakukan sejak dini. Disini peran orang tualah yang sangat penting dalam mengawasi anak agar tidak bergantungan pada gadget. Ajak anak anda untuk bermain dengan mainannya sendiri. Mungkin bermain boneka-bonekaan dengan anak perempuan, bermain mobil-mobilan bagi anak laki-laki, atau sekarang banyak juga mainan yang dijual guna meningkatkan ketangkasan otak pada anak. 

Jangan terlalu mengabaikan perkembangan anak jika anda tidak ingin menyesal nantinya. Karena penulis yakin semua orang tua pasti sangat sayang kepada anaknya. Dan tidak ada yang ingin melihat anaknya berkembang dengan tidak baik.

Jangan lagi memberikan Gadget pada anak hanya karena ingin menenangkan anak. Ini bukan solusi yang baik .....


Semoga Bermanfaat ..... ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š









1 Komentar untuk "Bahaya Smartphone pada anak... 6 Dampak buruk yang wajib orang tua kenali akibat mengenal kan gadget terlalu dini ...."

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel