Tonsils Swollen atau yang sering dikenal pembengkakan pada amandel, Penyebab serta cara pencegahannya

Tonsils Swollen  atau yang dikenal dengan Amandel adalah Jaringan getah bening yang lunak yang terletak disisi kiri dan kanan tenggorokan. Amandel ini merupaka bagian dari sistem limfatik.

Penyebab dari amandel ini adalah karena adanya bakteri yang masuk ke dalam rongga mulut. Jenis bakteri yang paling umum yang dapat menyebabkan amandel adalah Streptococcus pyogenes (grup A Sterptococcus), bekteri inilah yang menyebabkan radang tengorokan.

Amandel yang besar tidak selalu disertai sakit ditenggorokan, biasanya mungkin mengalami kesulitan untuk menelan, tanpa rasa sakit atau tidak nyaman ditenggorokan anda. Apabila dalam jangka panjang makan amandel ini dapat disebut kronis bahkan kadang dikaitkan dengan kanker amandel (jika itu berlangsung lama)

Jika seseorang mengalami amandel, maka penyakit yang lain akan mudah lebih masuk. Seperti tenggorokan, demam yang disertai flu dan batuk. Maka dari itu penderita Tonsils Swollen harus segera mengkonsumsi obat radang agar tidak mudah tertular dengan penyakit yang lain. 


Gambar oleh Ary setyobudi dari Pixabay



Beberapa gejala yang dirasakan :

  • Sulit menelan
  • Demam
  • Sakit Tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Badan kurang fit
  • Hidung terasa mampet

Beberapa obat alami yang dapat membantu meredakan peredangan akibat amandel yang membengkak   :

1. Air perasan lemon dan madu
Kandungan vitamin c didalam lemon mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi. Lemon memiliki anti virus dan anti inflamasi sehingga mampu melawan peradangan. 
Masukkan perasan lemon dan madu kedalam air hangat, haduk sampai rata kemudian diminum dua kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan.


2. Kayu Manis
Kayu manis mengandung senyawa anti mikroba sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Kayu manis ini dikenal sebagai obat radang amandel alami yang ampuh dan sudah dikenal sejak dahulu. 
Masukkan 1 sendok teh bubuk kayu manis kedalam air hangat, lalu tambahkan madu kemudian haduk sampai rata. Minum dalam keadaan masih hangat sebanyak 2-3 kali seminggu.


3. Air Garam
Masukkan garam ke dalam air hangat kemudian kumur lah dengan air garam tersebut. Air garam berfungsi untuk menenangkan amandel yang membengkak. Pastikan disaat anda berkumur air garam tersebut tidak tertelan kedalam mulut anda. Apabila tertelan segeralah untuk meminum air hangat untuk menghilangkan rasa asin. 


4. Keledek
Keledek merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang memiliki getah. Pada zaman dahulu, orang tua ketika anaknya terserang amandel maka iya akan memberikan keledek tadi.
Caranya cuci keledek kemudian kupas kulitnya sampai bersih, setelah itu jangan dicuci lagi. Langsung berikan pada anak anda. Disini yang dimanfaatkan adalah getah dari keledek tersebut. Karena getah yang terkandung pada keledek dipercaya dapat mengecutkan pembengkakan pada amandel.


5. Bawang Putih
Bawang putih dipercaya dapat memperkuat kekebalan tubuh karena bawang putih mengandung antioksidan sehingga efektif melawan virus dan peradangan amandel. 
Caranya rebus bawang putih kedalam air. Setelah mendidih angkat dan saring air tersebut. Tambahkan madu untuk menambah rasa. Minumkan sebanyak 2-3 kali seminggu untuk proses penyembuhan.


Beberapa obat alami diatas dapat anda gunakan untuk mengurangi serta mengobati ketika anda terkena amandel. Namun untuk kasus tonsilitis yang parah mungkin anda dapat menjadwalkan diri anda untuk bertemu dengan dokter. Anda harus konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Selamat Mencoba dan Semoga cepat sembuh ya....


Belum ada Komentar untuk "Tonsils Swollen atau yang sering dikenal pembengkakan pada amandel, Penyebab serta cara pencegahannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel