Kamu Penderita HEPATITIS ...?? 5 Macam Sayur Ini Sangat Baik Untuk Dikonsumsi ....

Beberapa hari terakhir ini penyakit hepatitis ini sangat menjadi perhatian bagi masyarakat Indonesia dan Pemerintah khususnya daerah Jawa Timur.

Apa itu penyakit Hepatitis ...?
Hepatitis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis A atau peradangan pada hati.
Hepatitis tergolong atas beberapa bagian yakni Hepatitis A, B, C, D, dan E namun yang sering menginfeksi manusia adalah A, B, dan C.

Hepatitis ini terjadi karena banyaknya racun pada organ hati kita didalam tubuh kita yang disebabkan karena pola hidup yang tidak teratur dengan mengkonsumsi makanana cepat saji dan juga kurangnya minum air putih.

Ciri-ciri penderita penyakit Hepatitis, yaitu :

  • Demam
  • Nafsu makan yang berkurang
  • Nyeri Sendi dan juga nyeri di Lambung
  • Sering Merasa Letih
  • Mudah Mual dan Muntah
  • Mata berwarna Kuning
  • Warna Urin Menjadi gelap

Penderita hepatitis ini juga sangat diwajibkan untuk mengkonsumsi sayuran. 
Kenapa sayur itu penting ....??
Sayuran hijau itu kaya akan sulfur dimana kemampuan zat kimianya mampu mendetoks hati dan sayuran sangat mudah ditemukan karena merupakan kebutuhan sehari-hari.

Sayuran apa saja yang baik penderita Hepatitis ....??
Mari kita simak 5 Macam sayur yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita Hepatitis .....


  1. BROKOLI

Gambar oleh Allan Lau dari Pixabay

Sayur brokoli merupakan sayuran yang sangat mengandung sumber serat. Kandungan didalam sayuran ini juga sangat banyak. Diantaranya adalah Protein, Karbohidrat, Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin C, air dan juga zat lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Peminat sayur brokoli juga banyak. Tidak hanya orang tua bahkan anak-anak pun sangat senang mengkonsumsinya. Karna sayur ini dapat diolah sesuai selera baik diolah menjadi salad atau dimasak.


      2. PARE


Pare merupakan sayur yang pertumbuhannya secara merambat. Sayur pare ini sangat mudah ditemukan di negara tropis yaitu Indonesia. Pare sangat terkenal dengan rasanya yang sangat pahit. namun siapa sangka sayur dengan rasa yang pahit ini justru sangat bermanfaat dan baik untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit hepatitis. Selain diolah menjadi makanan, sayur pare ini juga sering di buat menjadi jus karna jus pare dapat membantu menurunkan berat badan. 


        3. WORTEL

Photo by Harshal S. Hirve on Unsplash


Wortel merupakan sayuran jenis umbi-umbian yang  memiliki manfaat yang sangat berlimpah. Wortel ini sering kita jumpai berbagai jenis masakan seperti sup, tumis, disalad dan juga banyak yang mengolahnya menjadi jus. Kandungan yang terdapat didalam wortel ini sangat banyak seperti karbohidrat, mineral, air, Vitamin A dan kandungan zat-zat lainnya.


        4. BAYAM


Gambar oleh Mabel Amber, still incognito... dari Pixabay
Sayur bayam memiliki kandungan radikal yang sangat tinggi sehingga dapat membantu melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan peradangan. Selain itu sayur bayam juga banyak mengandung vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin E, serta Zat Besi, asam folat, kalsium, seta kandungan zat lainnya. Sayur bayam sering kita jumpai pada masakan tumis bahkan ada juga yang membuat menjadi jus. Tetapi pada olahan makanan sayur bayam ini dianjurkan untuk tidak dipanaskan dan tidak bermalam. Karena justru dapat mengandung racun.


        5. ASPARAGUS

Gambar oleh Pezibear dari Pixabay

Asparagus adalah jenis sayuran yang rendah kalori dan tidak mengandung kolestrol yang tinggi. Kandungan didalam sayur asparagus ini juga sangat banyak yaitu Kalsium, Magnesium dan Seng, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Asam Folat, Besi, Fosfor, Kalium dan kandungan zat lainnya. Sayur ini biasanya dimasak dengan cara ditumis atau hanya dengan direbus untuk menjadi lalapan.  


Jadi Kata Siapa penyakit hepatitis tidak bisa sembuh ...???
Semua nya kembali ke diri kita masing-masing. Ingin sehatkah kita...?? Ingin sembuhkan kita ...??
Mulai sekarang jalanilah  pola hidup yang sehat dan teratur, makan-makanan sehat dan seimbang, dan ingat konsumsi sayur itu sangat banyak manfaatnya. Konsumsi lah sayuran tersebut secara bergantian setiap hari agar kesehatan dan fungsi hati kembali normal .......

Semoga Bermanfaaaaaat yaaa .......😊😊😊





Belum ada Komentar untuk "Kamu Penderita HEPATITIS ...?? 5 Macam Sayur Ini Sangat Baik Untuk Dikonsumsi ...."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel